Kamis, 18 Maret 2010

Jangkrik Pencegah Penyempitan Pembuluh Darah

Jangkrik Pencegah Penyempitan Pembuluh Darah
Jangkrik bukan makanan burung semata. Tetapi dapat dijadikan makanan dan memiliki manfaat terhadap kesehatan tubuh. Inilah yang ditemukan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Jurusan Teknik Kimia yang ikut tampil pada Unri Expo, Senin (20/10) di halaman rektorat Unri.

Siapa yang menyangka jangkrik bisa dijadikan aneka jenis makanan untuk manusia. Seperti serundeng, rendang serta peyek jangkrik.

Penjaga stan Fakultas Teknik Jurusan Kimia Unri Fuad Nugroho menyatakan jangkrik memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dan penemuan jangkrik mengandung kesehatan merupakan yang pertama di Unri bahkan penemuan ini merupakan pertama di Indonesia.

Selain itu, berdasarkan keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) No.Kep.139/MUI/IV/2009 yang ditandatangani Prof KH Ibrahim Husen MAg menyatakan jangkrik adalah binatang serangga sejenis belalang dan jangkrik diambil manfaatnya untuk dimakan, obat dan kosmetik hukumnya adalah halal sepanjang tidak menimbulkan bahaya.

Kandungan yang dimiliki jangkrik adalah protein, asam amino, asam lemak essensial. Selain itu, bila ditinjau dari asam aminonya, maka protein jangkrik dimungkinkan untuk digunakan sebagai anti-oksidan pada tubuh guna mencegah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Asam amino lainnya terutama alanin, glysin merupakan zat untuk sintetis protein collagen pada tubuh. Protein collagen banyak digunakan untuk membangun struktur sel.

Protein kolagen berfungsi untuk mempertahankan elastisitas persendian tulang, sel kulit dan kornea mata. Jadi protein pada jangkrik memungkinkan mempertahankan elastisitas persendian tulang dan sel kulit sehingga mencegah proses penuan dan penyakit ketarak. Kemudian ada disebut sebagai jangkrik kalung. Jangkrik ini sangat baik dikonsumsi anak balita, ibu hamil, ibu menyusui, gadis remaja, pria berkeluarga dan manula. Selanjutnya tepung jangkrik dapat pula dibuat jamu yang memiliki manfaat, untuk pria yaitu meningkatkan stamina dan anti oksidan, mencegah impotensi, meningkatkan gairah seksual, melembabkan kulit sedangkan bagi wanita yaitu, melembabkan kulit, mengencangkan payudara, menunda menopause, memelihara kehamilan, menunda proses penuan, meningkatkan kesuburan wanita dan memperkuat janin.

Jangkrik yang belum bersayap dapat diolah menjadi, digiling dan dicampur ke dalam nasi tim untuk bayi, dicampur dengan daging sapi atau ayam, dapat dibuat nuget terutama untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan yang kandungan protein mencapai 77 persen.
Jadi, siapa yang ingin mencoba?***

1 komentar:

  1. yg ingin membeli jangkrik hub 085380536498 (bandar lampung)...harga 25rb/1000ekor (tkaran 1000 ekor 5 gelas)...stock 500rb ekor sekali panen...

    BalasHapus